Home Artikel Apa itu Chlorine ? kenali manfaat dan bahayanya

Apa itu Chlorine ? kenali manfaat dan bahayanya

apa itu chlorine

Apa itu Chlorine. Apa itu Chlorine sebenarnya ? Chlorine sendiri biasa dikenal dengan disebut dengan kaporit. Chlorine (kaporit) sendiri merupakan bahan kimia yang sering sekali digunakan untuk membunuh bakteri dengan cepat dan sederhana pada air , namun Chlorine sendiri jika di gunakan dengan skala besar dapat menghasilkan reaksi kimia yang berlebihan. Sejarah singkat dari Chlorine sendiri ditemukan pada tahun 1774 oleh Carl Wilhelm Scheele. Unsur ini mendapatkan namanya seperti sekarang pada tahun 1810 oleh Humphry Davy. Unsur kimia murni klorin berwujud gas diatomik berwarna hijau. Nama klorin berasal dari kata latin chloros, yang berarti hijau, mengacu pada warna gas ini. Gas klorin memiliki berat 2,5 kali udara, memiliki bau menyesakkan, serta sangat beracun. Dalam bentuk cair dan padat, klorin merupakan oksidator kuat, pemutih, dan agen disinfektan kuat. Elemen ini merupakan bagian dari seri halogen pembentuk garam yang bisa diekstrak dari klorida melalui oksidasi dan elektrolisis.

Apa itu Chlorine ? kenali manfaat dan bahayanya
Apa itu Chlorine ? kenali manfaat dan bahayanya

Ciri – ciri Kimia Chlorine atau Klorin Secara kimia, klorin mempunyai nama dan ciri-ciri :

  • Sinonim : klorin molekul (molecular chlorine), klorin cair (liquid chlorine)
  • Keluarga Kimia : halogen
  • Formula Molekul : Cl2
  • Berat Molekul : 70.90
  • Kepadatan Gas di Udara : 2.47 (udara = 1)
  • Tekanan Gas : 4,800 mm Hg di 20 C.
  • Struktur Kimia : CI-CI
  • Rupa dan Bau : gas hijau-kuning, bau tajam, menggangu mata dan mengakibatkan mata berair bila terjadi kontak di udara
  • Mudah Terbakar : non-flammable (tidak mudah terbakar) tetapi menyokong pembakaran; terkenal dapat mengakibatkan risiko bakar yang serius.

Sebenarnya klor adalah elemen kimia (Cl) biasa di cakrawala, tapi gas klorin (Cl2) adalah hasil penemuan dan rekayasa dari peradaban manusia. Dalam bentuk gas, klorin berwarna hijau-kuning dan dalam bentuk cairan berwarna kuning sawo . Klorin lebih berat dari udara. Klorin dibuat dari proses elektrolisa air asin dan di simpan dalam bentuk cair atau gas di bawah tekanan tertentu. Sehingga klorin merupakan bahan kimia dengan ciri ciri yang sangat reaktif dan bisa bereaksi dengan senyawa lain.

Bahaya Klorin Terhadap Manusia

Seperti yang dimaksud tentang klorin “sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika digunakan secara berlebihan”. Klorin, baik dalam bentuk gas maupun cair mampu mengakibatkan luka yang bersifat permanen, dab sangat berisiko mengakibatkan kematian. Pada umumnya luka permanen terjadi disebabkan oleh asap gas klorin. Klorin sangat potensial untuk terjadinya penyakit di kerongkongan, hidung dan trakt respiratory (saluran kerongkongan didekat paru-paru). Akibat-akibat akut untuk jangka pendek :

  1. Pengaruh 250 ppm selama 30 menit kemungkinan besar berakibat fatal bagi orang dewasa.
  2. Terjadi irritasi tinggi waktu gas itu dihirup dan dapat menyebabkan kulit dan mata terbakar.
  3. Jika berpadu dengan udara lembab, asam hydroklorik dan hypoklorus “dapat mengakibatkan peradangan jaringan tubuh yang terkena. Pengaruh 14 s/d 21 ppm selama 30 s/d 60 menit menyababkan penyakit pada paru- paru seperti pnumonitis, sesak nafas, emphisema dan bronkitis.” (Waldbott, 1978)

Manfaat Penggunaan Klorin

Beberapa pemanfaatan Klorin adalah sebagai bahan kimia penting dalam pemurnian air, dalam desinfektan, dalam pemutih, penetralisiran kuman pada air kolam renang, gas mustard, dan masih banyak lagi.

Klorin juga digunakan secara luas dalam pembuatan banyak produk termasuk dalam produksi kertas, antiseptik, zat warna, makanan, insektisida, cat, produk minyak bumi, plastik, obat-obatan, tekstil, pelarut, dan banyak produk konsumen lainnya. Unsur ini juga digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroba dari pasokan air minum.

Klorin juga digunakan untuk pemutih pulp kayu sebelum digunakan untuk membuat kertas, serta menghilangkan tinta pada kertas daur ulang. Beberapa alternatif dianggap baik, tetapi pada umumnya tidak mencapai kebersihan bahan kimia yang membahayakan, oksidasi atau tingkat harga yang rendah memberikan chlor. Hanya POOL WATER BALANCE saat ini yang bisa menjawab semua ini.

Demikianlah artikel mengenai Apa itu Chlorine dan kita sudah mengenali manfaat dan bahayanya. Jika anda memerlukan instrumen pengukur nilai chlorine pada air silahkan temukan sekarang juga.

Temukan berbagai instrumen Chlorine Tester disini.

Apa itu Chlorine ? kenali manfaat dan bahayanya

Check Also

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri Pada umumnya di dunia industri sendiri ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *