Home Artikel Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak

Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak

Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak, Alat Pengukur Kualitas Air Kolam Tambak

panen ikan di tambak

Jika anda adalah seorang pembudidaya yang ingin mendapatkan hasil dan kualitas panen ikan atau yang lainnya dengan nilai maksimal pastinya anda akan selalu mencari cara bagaimana dan apa yang harus anda lakukan untuk mencapai hasil itu bukan ? salah satu yang harus anda lakukan jika anda seorang pembudidaya ikan tambak yaitu menjaga kualitas air tambak yang baik untuk ikan, udang, dan biota lainnya.

Pada umumnya air di dalam tambak merupakan hal yang paling utama dan harus diperhatikan dalam membudidaya ikan ataupun biota lainnya. Hal tersebut haruslah diperhatikan bukan hanya setelah tebar benih, namun juga pada saat akan memutuskan akan membuat tambak di lokasi tersebut. Hal ini untuk mengetahui secara pasti berbagai parameter kualitas air, tentu saja kita harus menggunakan alat-alat analis air yang sesuai dan juga akurat, agar mudah dalam hal memperhatikan dan meenjaga kualitas air tambak tempat ikan ataupun udang di pelihara.

Hal ini tentulah sangat di sayangkan, disamping para pembudidaya tersebut tidak mengetahui jumlah kandungan partikel-partikel yang berbahaya secara pasti di dalam kolam atau tambak tempat ikan dan udang mereka berkembang biak tentunya hal tersebut juga membuat kinerja para petani menjadi tidak efektif.

Kenapa saya mengatakan tidak efektif? Ya karena hal tersebut memakan waktu yang lama dan hanya menggunakan ilmu menerka-nerka zat (partikel) yang ada di dalam air.

Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak
Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak

Cara Sederhana atau Dengan Bantuan Alat?
Saya ambil contoh pembudidaya yang tidak menggunakan alat analisis air ingin mengetahui kadar pH (keasaman) air, mereka akan melihat permukaan air dibagian pinggir kolam dan jika terdapat endapan atau seperti busa berwarna merah di pinggir kolam, maka bisa disimpulkan bahwa air kolam mempunyai pH yang rendah (dalam kondisi asam), Sehingga memerlukan kapur untuk menetralkannya.

Hal tersebut memanglah sah-sah saja buat pembudidaya yang sudah meiliki jam terbang yang tinggi dan sudah sering berhasil dalam melakukan hal sederhana ini.

Namun bagaimana dengan pembudidaya pemula yang ingin melakukan cara ini? apakah dengan hal yang sederhana tersebut mengetahui secara pasti jumlah kadar pH yang ada di dalam air? Nah bagaimana cara menentukan jumlah kapur yang akan di gunakan untuk menetralisir keasaman air tersebut?

Kita bandingkan dengan para pembudidaya yang lebih memilih menggunakan alat-alat analisis air yang dijual di pasaran, seperti pH Meter, TDS meter, DO meter dan lainnya.

Mereka hanya tinggal meletakkan alat ukur air (test kit) di dalam air, dan dalam beberapa detik sudah mendapatkan hasil dari kandungan yang mereka cari. Kita ambil contoh para pembudidaya yang menggunakan alat analisis air untuk mengukur kadar pH dalam air.

Mereka hanya tinggal meletakkan alat analisis pH meter di air kolam untuk mengukurnya dan dalam beberapa detik sudah mendapatkan hasil yang sangat akurat. Sehingga bisa tau jumlah obat ataupun kapur yang pas untuk menetralisir keasaman air tersebut.

Menggunakan alat analisis air dalam berbudidaya sangatlah di anjurkan demi lebih mengefesienkan dan mengefektifkan para pembudidaya dalam memelihara ikan dan udang yang di pelihara hingga mendapatkan hasil panen sesuai dengan keinggannnya.

Hubungi kami sekarang juga untuk membantu anda mendapatkan berbagai macam Alat Pengukur Kualitas Air Tambak dengan berbagai spesifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak

Hubungi Kami Sekarang

Related Keyword :

Cara Mengukur Kualitas Air Kolam Tambak
Jual Alat Ukur Kualitas Air Kolam Tambak
Alat Pengukur Kualitas Air Kolam Tambak
Alat Ukur Kualitas Air Kolam Tambak
Harga Alat Ukur Kualitas Air Kolam Tambak

Check Also

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri Pada umumnya di dunia industri sendiri ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *