Home Semua Produk Pengujian Destruktif dan Pengujian Non Destruktif

Pengujian Destruktif dan Pengujian Non Destruktif

Apa itu Pengujian Destruktif Test dan Pengujian Non Destruktif (NDT) test ? .

Pengujian Destruktif

Pengujian Destruktif Destruktif atau orang sering menyebutnya Pengujian Destructif adalah pengujian atau pengetesan yang dilakukan untuk menghasilkan kegagalan spesimen, dalam rangka untuk memahami kinerja struktural spesimen atau perilaku material di bawah beban yang berbeda. Tes ini umumnya bersifat destruksi (merusak, memusnahkan, atau menghancurkan. Tipe pengujian destruktif yang paling cocok, dan ekonomis, untuk objek yang akan diproduksi secara massal, karena biaya menghancurkan sejumlah kecil spesimen diabaikan. Hal ini biasanya tidak ekonomis untuk melakukan pengujian merusak di mana item hanya satu atau sangat sedikit yang akan diproduksi (misalnya, dalam kasus gedung).

Beberapa jenis pengujian destruktif :
Pengujian tarik

Pada pengujian ini didalam hal ini batang percobaan diberi pembebanan tarik yang makin lama makin besar, sampai batang tersebut patah.Dari percobaan ini antara lain ditetapkan tegangan tarik dan patah Batang-batang percobaan dari bahan-bahan yang akan diuji dibubut menurut ukuran-ukuran normalisasi

Pengujian Tekan

Pengujian tekan merupakan kebalikan dari pengujian tarik. Untuk melaksanakan pengujian tekan, kita memerlukan benda uji yang lainnya. Benda uji untuk pengujian tekan mempunyai ukuran-ukuran 1 atau 2 ialah angka-angka perbandingan jarak titik senter : diameter penampang . Benda uji itu dipasang pada mesin penguji (sama dengan pengujian tarik) dan leh gaya tekan yang akan semakin bertambah besar akhirnya menekan pada batang tersebut, maka batang ini akan menjadi pendek dan akhirnya rusak dan pecah.

Pengujian Lekung

Untuk pengujian lekung ini menetapkan kekuatan lengkung, maka sebuah batang percobaan diletakkan di atas sebuah roda sebagai titik tumpuan dan di tengah-tengah batang itu dengan sebuah stempel lengkung dibebani oleh suatu gaya P yang diperbesar secara teratur.

Pengujian Non Destruktif (NDT)

Pengujian Non Destruktif Pengujian secara tak rusak atau Non-destruktif pengujian (NDT) adalah grup macam teknik analisis yang digunakan dalam ilmu pengetahuan dan industri untuk mengevaluasi sifat dari komponen, material atau sistem tanpa menyebabkan kerusakan pada objek yang di uji. Istilah pengujian tak rusak (NDE), inspeksi tak rusak (NDI), dan evaluasi tak rusak (NDE) juga sering digunakan untuk menggambarkan teknologi ini. Karena NDT tidak permanen mengubah artikel yang sedang diperiksa, itu adalah teknik yang sangat berharga yang dapat menghemat uang dan waktu dalam evaluasi produk , troubleshooting, dan penelitian. Metode NDT umum termasuk ultrasonik , magnetik-partikel , penetran cair , radiografi , inspeksi visual jarak jauh (RVI), eddy-saat pengujian , dan interferometri koherensi yang rendah  NDT adalah alat yang sering digunakan dalam forensik teknik , teknik mesin , teknik elektro , teknik sipil , rekayasa sistem , teknik penerbangan , obat-obatan , dan seni .

Pengujian Destruktif dan Pengujian Non Destruktif

Check Also

Alat Ukur Kadar Air Serbuk Kayu TK100W

Alat Ukur Kadar Air Serbuk Kayu TK100W

Alat Ukur Kadar Air Serbuk Kayu TK100W, Jual Alat Ukur Kadar Air Serbuk Kayu TK100W ...