Artikel

Apa itu Anemometer dan Apa pentingnya

Apa itu Anemometer dan Apa pentingnya

Apa itu anemometer dan mengapa sangat penting bagi industri yang menggunakan energi angin

Anemometer adalah “instrumen untuk mengukur dan menunjukkan kekuatan, kecepatan dan arah angin”. Untuk turbin angin pada khususnya, sangat penting untuk memiliki pengukuran kecepatan angin dan arah yang akurat agar produksi yang aman dan dapat diandalkan. Turbin angin harus bergerak ke arah angin yang benar agar bisa berputar dan menghasilkan listrik, sekaligus juga melacak kecepatan angin untuk menjaga jumlah putaran yang aman. Akibatnya, banyak pemilik dan produsen turbin angin akan memilih anemometer yang memiliki tingkat kesalahan kurang dari 5% untuk memastikan turbin mereka berjalan pada tingkat optimal sebanyak mungkin.

Pentingnya Anemometer

Apa Pentingnya Anemometer

Dengan Fungsi untuk mengukur kecepatan angin ini selain dipakai Industri juga alat ini sangat banyak dan penting  dipergunakan dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca, dalam perkembangannya, Anemometer dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Selain mengukur kecepatan angin, alat ini juga dapat mengukur besarnya tekanan angin, cuaca, dan tinggi gelombang laut.

Dengan anemometer kita dapat memperkirakaan cuaca pada hari itu. Selain itu anemometer juga dapat difungsikan sebagai alat pendeteksi cuaca buruk seperi angin topan ataupun badai

Ada dua jenis anemometer yang digunakan secara umum saat ini, yaitu ultrasonik dan mekanik.

Berikut Cara Kerjanya :

Anemometer ultrasonik menggunakan suatu alat yang dapat merubah menjadi energi suara dari satu bagian sensor ke sensor lainnya. Dengan cara ini, Alat ini  menghitung kecepatan angin menggunakan mikroprosesor dengan menentukan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk suara . Tidak ada bagian yang bergerak ke anemometer ini, jadi hasil pengukurannya cukup cepat  dan sangat akurat.

Sebagai alternatif, anemometer mekanik mengandalkan bagian yang bergerak untuk mengukur arah dan kecepatan angin (seperti gelas kecil dan baling-baling).

Meskipun pengukuran dari keduanya bila dirata-rata sebanding waktunya, anemometer mekanis biasanya memerlukan sedikit waktu untuk mencatat perubahan arah dan kecepatan angin, seperti hembusan angin. Ini hanya karena keterbatasan bagian yang bergerak yang harus secara fisik mulai dan berhenti dan diputar, dan lain-lain. Selain itu, beberapa kondisi cuaca seperti hujan atau salju yang membekukan dapat menghadirkan masalah pada bagian yang bergerak dari anemometer mekanis, yang berakibat pada kegagalan atau ketidakakuratan.

Kelebihan  menggunakan anemometer ultrasonik adalah Jika Dilakukan Perawatan Rutin dan Alat ini bisa memiliki usia yang lebih panjang, karena tidak ada bagian yang bergerak. Tentu saja, keuntungan ini sesuai dengan harga yang lebih tinggi, karena itulah beberapa pengusaha dan pemilik Industri  turbin angin terus menggunakan versi mekaniknya.

Jadi, jenis anemometer mana yang digunakan Produsen atau Industri,  Itu Tergantung dari Kebutuhan dan Budget Pemakai Tentunya

Jika Anda membutuhkan Anemometer bisa hubungi kami Telp/HP : 0812-5931-6600 ( Only ) ,WA/SMS : 0812-8303-2200 ( Only ), Email : kun.hartoto@jvm.co.id

Tags
Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close