Artikel

Apa itu Kalibrasi dan Mengapa penting ?

Apa itu Kalibrasi dan Mengapa penting ?

Apa itu Kalibrasi, Kalibrasi adalah Pengaturan untuk pengukuran dalam suatu peralatan yang di perlukan pada saat di gunakan, Team TI memiliki kerahasiaan dalam hasil monitor rekaman dan pengaturan yang berlaku untuk pengguna dan Bisnis

Jika Anda memerlukan peralatan yang telah dikalibrasi, hubungi kami untuk harga program unit tunggal.

Kalibrasi didefinisikan sebagai hubungan antara pengukuran – salah satu skala atau akurasi yang dibuat atau ditetapkan dengan satu peralatan dan pengukuran lain yang dilakukan dengan cara yang sama seperti mungkin dengan peralatan kedua. Sebuah peralatan atau perangkat dengan akurasi yang diketahui atau ditugaskan disebut standar. Standar yang ditentukan itu  bervariasi dari satu negara ke negara tergantung pada jenis industri; sementara produsen menentukan kriteria pengukuran tersendiri dan merekomendasikan frekuensi  serta tingkat kalibrasi, tergantung pada persyaratan industri yang dibutuhkan , faktor yg diperhitungkan aitu seberapa sering perangkat tersebut digunakan dan aplikasi spesifikasinya.

Beberapa perusahaan akan menawarkan tes pra-kalibrasi di mana mereka menguji peralatan terlebih dahulu, untuk menentukan apakah sesuai untuk kalibrasi, sementara yang lain akan menyerahkan semua peralatan untuk kalibrasi apakah kinerjanya benar atau tidak.

Pengunaan Secara Umum untuk Kalibrasi

Penggunaan secara umum, kalibrasi sering dianggap mencakup proses penyesuaian pengukuran atau dinilai berindikasi pada instrumen pengukuran untuk menyetujui nilai standar yang sudah diterapkan, dengan akurasi yang dibutuhkan namun sebenarnya ini adalah dua proses: kalibrasi dan penyesuaian. Oleh karena itu penting untuk memahami secara tepat layanan apa yang Anda butuhkan. Penting juga untuk memahami apa yang dikalibrasi dan bagaimana kalibrasi dilakukan. Sebagai contoh, perhatikan termometer digital yang menggunakan probe suhu eksternal. Banyak perusahaan yang terkejut mengetahui bahwa kalibrasinya dilakukan dengan menggunakan nilai suhu simulasi yang diaplikasikan pada termometer saja. Di sini, instrumen uji dilekatkan pada termometer digital dan voltase yang setara dengan suhu tertentu diterapkan pada termometer digital. Hasilnya kemudian direkam dan termometer dianggap dikalibrasi.

Banyak pengguna memerlukan, dan mungkin mengharapkan, Jika proses kalibrasi dilakukan lebih ketat  mencerminkan penggunaan dunia nyata. Di sini, metode yang disukai adalah menguji baik termometer digital dan probe suhu bersama-sama (dengan kata lain ‘uji sistem’) dan untuk menggunakan sumber suhu  yang sebenarnya. Nilai yang ditampilkan oleh sistem yang diuji kemudian dibandingkan terhadap standar (sistem dengan akurasi yang diketahui atau ditetapkan dari paragraf pertama!).

Apa Pentingnya Kalibrasi

Mengapa Kalibrasi Jadi Penting dan Apa Tujuannya ?

Kalibrasi mendefinisikan keakuratan dan kualitas pengukuran yang dicatat dalam menggunakan peralatan. Seiring waktu ada kecenderungan untuk hasil dan akurasi ‘hanyut’ terutama saat menggunakan teknologi tertentu atau mengukur parameter tertentu seperti suhu dan kelembaban. Agar yakin dengan hasil yang diukur, ada kebutuhan berkelanjutan untuk melayani dan merawat kalibrasi peralatan sepanjang masa untuk pengukuran yang andal, akurat dan berulang.

Tujuan kalibrasi adalah meminimalkan ketidakpastian pengukuran dengan memastikan keakuratan peralatan uji. Kalibrasi mengkuantifikasi dan mengendalikan kesalahan atau ketidakpastian dalam proses pengukuran ke tingkat yang dapat diterima.

Jadi jika Anda tahu bahwa produk makanan tertentu harus disimpan di atas 68 ° C dan sistem instrumen yang Anda gunakan menampilkan angka 68,8 ° C, asalkan sistem dikalibrasi agar akurat dalam 0,5 ° C pada suhu 68 ° C. Percayalah bahwa makanan itu aman, jika sistem memiliki akurasi 1 ° C meskipun Anda tidak dapat memastikan bahwa suhu makanan telah dikontrol dengan benar. Makanan, tentu saja, hanya satu contoh mengapa penting untuk memiliki tingkat keakuratan yang dikonfirmasi. Proses manufaktur yang memerlukan suhu pengeringan yang dikontrol secara khusus adalah daftar lain yang terus berlanjut.

Singkatnya, kalibrasi sangat penting di mana pun pengukuran menjadi penting, ini memungkinkan pengguna dan bisnis memiliki kepercayaan diri terhadap hasil yang mereka rekam dan kemudian kontrol.

Tags
Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close