Artikel

Cara Mengukur pH Tanah

No ratings yet.

Cara Mengukur pH Tanah – Tanah merupakan media tanam yang sangat penting dalam pertanian maupun perkebunan, dengan tanah yang subur maka pertanian dan perkebunan yang dilakukan dapat maksimal. Selain faktor unsur hara yang terkandung di dalamnya, faktor pH tanah juga akan mempengaruhi kesuburan tanah.

Cara Mengukur pH Tanah

Tingkat pH atau keasaman tanah akan mempengaruhi kandungan unsur hara dan mineral yang dikandung di dalam tanah. Ada beberapa faktor penyebab rendahnya pH tanah antara lain sebagai berikut :

  • Curah hujan yang tinggi sehingga akan mengikis unsur hara yang terkandungnya
  • Berlebihannya kandungan unsur Aluminium (Al), Tembaga (Cu) dan Besi (Fe)
  • Adanya genangan air dalam waktu lama karena drainase yang kurang baik
  • Terjadinya dekomposisi bahan organik yang berakibat keluarnya kalsium dari dalam tanah
  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, terutama pupuk nitrogen
  • Kandungan unsur magnesium (Mg) dan kalsium (Ca) yang kurang di dalam tanah

Untuk mengetahui suatu tanah dikatakan masam, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengukur pH tanah. Berikut adalah beberapa cara mengukur pH tanah yang dapat kita lakukan :

  1. Mengukur pH tanah dengan indikator tanaman liar

Tanaman liar pada suatu tanah dapat tumbuh pada tingkat keasaman atau kealkalian tanah yang berbeda dan tanaman liar ini dapat dijadikan sebagai indikator paling sederhana untuk mengetahui apakah tanah tersebut bersifat asam atau basa. Tanaman harendong (Melastoma Malabathricum) adalah salah satu jenis tanaman liar yang dapat dijadikan indikator dimana apabila suatu lahan banyak terdapat tanaman liar ini, maka berarti tanah pada lahan tersebut memiliki kadar pH yang rendah atau asam.

  1. Mengukur pH tanah dengan indikator kunyit

Selain tanaman liar, Anda juga dapat menggunakan kunyit dalam mengukur pH tanah. Kunyit memang sudah sangat populer untuk dijadikan sebagai ‘alat’ tradisional untuk mengukur tingkat keasaman tanah, namun begitu masih banyak yang tidak menggunakan cara ini. Untuk mengukur pH tanah menggunakan kunyit caranya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan kunyit seukuran jari tangan kemudian dipotong menjadi 2
  • Kemudian siapkan sampel tanah pada lahan yang akan diukur, sampel tanah diambil dari lima titik dimana empat titik berada di ujung lahan dan satunya di tengah lahan
  • Sampel tersebut kemudian dikumpulkan dalam satu wadah dan disiram air secukupnya lalu diaduk
  • Masukkan satu potong rimpang kunyit tersebut ke dalam tanah dan biarkan selama 30 menit
  • Setelah 30 menit angkat kunyit dan bandingkan warnanya dengan kunyit yang tidak dimasukkan ke dalam tanah

Apabila kunyit warnanya lebih pudar maka tanah tersebut memiliki pH rendah (bersifat asam), begitu pula sebaliknya. Namun bila warna kunyit tidak pudar maka pH tanah tersebut dapat dikatakan netral.

  1. Mengukur pH tanah dengan pH meter tanah / soil pH meter

Cara yang paling mudah dalam mengukur pH tanah di suatu lahan adalah menggunakan alat ukur pH tanah atau soil pH meter. Alat tersebut dapat digunakan untuk mengukur pH tanah dengan akurat dan juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kesuburan tanah. Alat ini biasanya dilengkapi dengan sebuah probe logam yang ditancapkan ke dalam tanah untuk mengukur pH tanah, setelah ditancapkan maka Anda dapat melihat hasilnya secara langsung.

Nilai Kualitas Konten / Produk

Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close