Kamis , 26 November 2020

Efek Samping Makanan Asam

4/5 (1)

Efek Samping Makanan Asam – Makanan bersifat asam bukan berarti makanan yang rasanya asam di lidah kita, akan tetapi makanan yang bersifat asam adalah makanan yang kandungan alkalinnya rendah. Makanan asam juga merupakan makanan yang memiliki pH dibawah 7 pH bahkan jauh dibawahnya.

Efek Samping Makanan Asam

Tingkat keasaman pada suatu zat termasuk makanan dapat Anda uji dengan mengukurnya menggunakan pH meter atau kertas lakmus. Namun untuk mempermudahnya sebaiknya Anda menggunakan pH meter karena akan memudahkan Anda dalam mengujinya.

Suatu zat dikatakan bersifat asam bila tingkat pH-nya berada di bawah 7 pH, bila berada di atasnya maka zat tersebut dikatakan bersifat alkalin atau basa. Apabila suatu zat memiliki nilai pH 4 maka zat tersebut sifatnya 10 kali lipat lebih asam dibandingkan zat yang pH-nya 5.

Hampir semua jenis buah – buahan dan juga sayuran hijau bersifat alkalin atau basa. Makanan yang berupa daging – dagingan hampir semuanya bersifat asam. Namun kita harus mengkonsumsi keduanya secara seimbang untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini mulai muncul banyak makanan instan yang tanpa kita sadari akan memberikan efek buruk terhadap tubuh kita. Akan tetapi bukan berarti dengan sekali mengkonsumsi makanan yang bersifat asam akan membuat tubuh kita bersifat asam pula.

Namun bila kita rutin mengkonsumsi makanan asam tersebut maka juga akan menyebabkan ketidakseimbangan asam dalam tubuh. Makanan bersifat asam ini seperti ikan, produk susu, daging, bahkan gandum dapat menguras mineral seperti sodium, potasium dan kalsium. Masalah seperti pembengkakan otot dan sendi bisa terjadi akibat konsumsi makanan asam yang berlebihan, selain itu ada efek samping lain dari makanan asam tersebut yaitu :

Efek Samping Makanan Asam

Gula darah naik turun

Dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat asam secara rutin dapat menyebabkan kondisi gula darah kita naik dan turun dengan drastis. Dengan kondisi tersebut dapat menyebabkan kita rentan terkena penyakit diabetes, oleh karena itu perhatikan konsumsi makanan kita.

Masalah pencernaan

Mengkonsumsi makanan asam yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kita mengalami sembelit yang dapat menimbulkan masalah pencernaan tubuh. Sembelit merupakan salah satu efek negatif yang umum terjadi saat kita banyak mengkonsumsi makanan yang sifatnya asam.

Masalah lainnya

Kulit kering, imunitas tubuh melemah dan sakit kepala adalah efek lain yang didapatkan saat kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Oleh karena itu kita harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat alkalin.

Nilai Kualitas Konten / Produk



Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :




Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :




Check Also

Centrifuge Sentrifus

Centrifuge Sentrifus

Centrifuge Sentrifus adalah alat Uji & Ukur yang digunakan untuk memisahkan organel berdasarkan massa jenisnya melalui …