Home Artikel Kompas dan cara bekerjanya ?

Kompas dan cara bekerjanya ?

Kompas dan cara bekerjanya ?

Jika Anda tersesat di hutan, kesempatan terbaik Anda untuk menemukan jalan Anda mungkin adalah magnet kecil.

Magnet adalah apa yang membuat titik kompas di utara – pin magnetik kecil di kompas ditangguhkan sehingga bisa berputar bebas di dalam casingnya dan merespons magnetisme planet kita.

Jarum kompas menyelaraskan dirinya sendiri dan menunjuk ke arah medan magnet bumi, memberi penjelajah dan Orang yang hilang ke arah yang konsisten.

Bagaimana itu bekerja,.

Kompas dan Cara Bekerjanya

Kompas dan cara bekerjanya ?

Sebuah kompas menunjuk ke utara karena semua magnet memiliki dua kutub, kutub utara dan kutub selatan, dan kutub utara satu magnet tertarik ke kutub selatan magnet lain. (Anda mungkin pernah melihat ini ditunjukkan oleh sepasang magnet batang sederhana atau magnet kulkas yang diikat dari ujung ke ujung.)

Bumi adalah magnet yang bisa berinteraksi dengan magnet lain dengan cara ini, sehingga ujung utara magnet kompas ditarik sejajar dengan medan magnet bumi. Karena Kutub Utara magnetik bumi menarik ujung “utara” dari magnet lain, secara teknis ini adalah “Kutub Selatan” medan magnet planet kita.

Sementara kompas adalah alat yang hebat untuk navigasi, namun tidak selalu mengarah ke utara. Ini karena Kutub Utara magnetik bumi tidak sama dengan “utara benar,” atau Kutub Utara Geografis bumi. Kutub Utara magnetik terletak sekitar 1.000 mil selatan utara benar, di Kanada.

Dan membuat hal-hal yang lebih sulit bagi navigator yang memegang kompas, Kutub Utara magnetik bahkan bukan titik diam. Seiring perubahan medan magnet bumi, Kutub Utara magnetik bergerak. Selama abad terakhir, telah bergeser lebih dari 620 mil (1.000 kilometer) menuju Siberia, menurut para ilmuwan

Kompas untuk Orang Tersesat

Perbedaan antara utara benar dan utara yang mengarah pada kompas adalah sudut yang disebut deklinasi. Deklinasi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain karena medan magnet bumi tidak seragam sehingga diputar dan bergelombang.

Gangguan lokal di lapangan ini dapat menyebabkan jarum kompas menjauh dari Kutub Utara geografis dan Kutub Utara magnetik. Menurut Survei Geologi, pada garis lintang yang sangat tinggi, jarum kompas bahkan bisa mengarah ke selatan.

Dengan menggunakan grafik deklinasi atau kalibrasi lokal, pengguna kompas dapat mengkompensasi perbedaan ini dan mengarahkan diri ke arah yang benar.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang sudah tercipta Kompas Digital

Diciptakannya kompas digital bertujuan untuk melengkapi kebutuhan robotika yang semakin canggih. Dunia robotika ini sangat membutuhkan alat navigasi yang efektif dan efisien. Sementara itu alat sistem navigasi yang tersedia di pasaran harganya mahal. Sedangkan kompas sendiri merupakan sebuah alat sistem navigasi yang efektif dengan harga lebih murah. oleh karena itu kompas digital diharapkan bisa mensubstitusi alat sistem navigasi pada robot.

Check Also

Apa itu Refractometer

Apa Itu Refractometer dan siapa penemunya ?

Apa Itu Refractometer dan siapa penemunya ? Refraktometer mengukur indeks bias cairan, gas, dan Benda ...