Artikel

LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy

LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy adalah Sebuah Pengujian Analisa kimia yang ber teknologi laser untuk membuat mikro-plasma pada permukaan sampel secara cepat . Teknik analisa ini mempunyai banyak keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan teknik analisis unsur lainnya. Ini termasuk:

  • Sebuah metode pengukuran tanpa persiapan sampel atau lebih praktis
  • Waktu pengukuran sangat cepat, biasanya beberapa detik, untuk analisis titik tunggal
  • Cakupan pengujian elemen yang lebih luas, termasuk elemen yang lebih ringan, seperti H, Be, Li, C, N, O, Na, dan Mg
  • Protokol sampling serbaguna yang mencakup raster cepat dari permukaan sampel dan profil kedalaman
  • Analisis sampel tipis tanpa khawatir gangguan substrat

LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy Batas deteksi LIBS untuk unsur logam berat adalah dalam kisaran PPM rendah. LIBS berlaku untuk berbagai matriks sampel yang mencakup logam, semikonduktor, gelas, jaringan biologis, insulator, plastik, tanah, tanaman, tanah, lapisan cat tipis, dan bahan elektronik.

LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy pada dasarnya merupakan teknik spektroskopi emisi di mana atom dan ion terutama terbentuk dalam keadaan tereksitas sebagai hasil dari interaksi antara sinar laser terfokus dan sampel material. Interaksi antara materi dan high-density photon menghasilkan plume plasma, yang berevolusi seiring waktu dan akhirnya dapat memperoleh keseimbangan termodinamika. Salah satu fitur penting dari teknik ini adalah bahwa hal itu tidak memerlukan persiapan sampel, tidak seperti teknik analisis spektroskopi konvensional. Sampel dalam bentuk padatan, cairan, gel, gas, plasma dan bahan biologis (seperti gigi, daun atau darah) dapat dipelajari dengan mudah yang hampir sama. LIBS telah berkembang pesat menjadi teknologi analitis utama dengan kemampuan mendeteksi semua unsur kimia dalam sampel, respon real-time, dan dari kontak-dekat atau stand-off analisis target. Buku ini telah ditulis oleh spesialis aktif di bidang ini, termasuk prinsip-prinsip dasar, perkembangan terbaru dalam instrumentasi dan aplikasi LIBS. Ini akan berguna untuk ahli kimia analitik dan spektroskopi sebagai sumber informasi penting dan juga untuk mahasiswa dan peneliti yang terlibat dalam bidang pembakaran, ilmu lingkungan, dan eksplorasi planet dan ruang angkasa.

  • Ablasi Laser: Penghilangan sejumlah kecil massa dari permukaan sampel menggunakan sinar laser terfokus dan berdenyut.
  • Inisiasi suhu tinggi (> 15.000K) plasma di atas permukaan sampel dan ekspansi plasma yang cepat ke medium ambient.
  • Emisi cahaya kontinum selama tahap awal (<200 ~ 300 nsec) proses pendinginan plasma.
  • Emisi garis atom diskrit di kemudian hari (> 1 µ detik).

LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy

Cara Kerja LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy?

Proses fisik utama yang membentuk inti dari teknologi LIBS adalah pembentukan plasma bersuhu tinggi, yang diinduksi oleh pulsa laser pendek. Ketika sinar laser pulsa pendek difokuskan ke permukaan sampel, volume kecil dari massa sampel ablated (dikeluarkan melalui mekanisme termal dan non-termal) – dalam proses yang dikenal sebagai Laser Ablation. Massa yang lebih besar ini berinteraksi lebih lanjut dengan bagian belakang dari pulsa laser untuk membentuk plasma yang sangat energik yang mengandung elektronik bebas, atom dan ion yang bersemangat. Banyak proyek penelitian fundamental telah menunjukkan bahwa suhu plasma dapat melebihi 30.000K dalam fase waktu kehidupan awal

Ketika pulsa laser LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy berakhir, plasma mulai menjadi dingin. Selama proses pendinginan plasma, elektron atom dan ion pada keadaan elektronik yang tereksitasi jatuh ke keadaan dasar alami, menyebabkan plasma memancarkan cahaya dengan puncak spektral diskrit. Cahaya yang dipancarkan dari plasma dikumpulkan dan digabungkan dengan modul detektor ICCD / spectrograph untuk analisis spektral LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy. Setiap elemen dalam tabel periodik dikaitkan dengan puncak spektrum LIBS yang unik. Dengan mengidentifikasi puncak yang berbeda untuk sampel yang dianalisis, komposisi kimianya dapat ditentukan dengan cepat. Seringkali, informasi tentang intensitas puncak LIBS dapat digunakan untuk mengukur konsentrasi jejak dan elemen utama dalam sampel.

Dengan kemajuan perangkat lunak chemometric yang kuat untuk analisis data LIBS, dan dengan kemajuan yang stabil dalam memahami ablasi laser, peneliti analitik saat ini menerapkan LIBS secara efektif untuk analisis diskriminatif kuantitatif dan material untuk berbagai matriks sampel.

  • Pengumpulan cahaya oleh satu set lensa optik dan serat optik
  • Memancarkan koleksi cahaya dengan satu set lensa optik dan serat optik.
  • Tampilan spektra LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy dan analisis selanjutnya
  • Tampilan spektra LIBS dan analisis selanjutnya oleh perangkat lunak instrumen untuk analisis unsur kualitatif dan kuantitatif
  • Terapan Spectra memanfaatkan teknologi LIBS Laser Induced Breakdown Spectroscopy dengan perangkat pengujian elemen canggihnya. Kami memberikan solusi yang cepat, andal, tepat, dan ramah lingkungan. Instrumen kami dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan, mulai dari pengujian lapangan, hingga pembuatan lantai, hingga pengaturan laboratorium. Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Baca Juga : Alat Analisa & Uji Untuk Paduan Semua Logam

Tags
Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus

Check Also

Close
Close