Artikel

Mengatasi Bahaya Getaran

Mengatasi Bahaya Getaran – Getaran adalah gerakan yang teratur dari suatu benda atau media secara bolak – balik dari suatu titik keseimbangan, secara umum getaran dikenal dengan vibrasi yang merupakan suatu faktor fisik yang menjalar ke tubuh. Hal ini akan membuat tubuh bergerak secara teratur akibat memakai alat yang bergetar. Saat mesin atau alat khusus yang menggunakan motor sebagai penggeraknya maka akan menimbulkan efek getaran yang dapat dirasakan tubuh.

Mengatasi Bahaya Getaran

Operator gergaji mesin biasanya akan merasakan getaran karena menggunakan alat yang difungsikan dengan menggunakan motor, selain itu para pekerja pemotong rumput, pengebor industri dan lain – lain yang menggunakan alat atau mesin serupa juga akan merasakannya.

Peralatan yang mereka gunakan seperti bor listrik, gergaji mesin, mesin pemotong rumput dan lain – lain merupakan sumber getaran yang akan dirasakan tubuh mereka, namun tahukah Anda bila terlalu lama menggunakan peralatan tersebut juga akan menimbulkan efek yang berbahaya?

Nyatanya masih banyak orang yang belum tahu akan bahaya getaran tersebut, berikut adalah beberapa bahaya dari getaran tersebut :

  1. Kelainan pada sistem syaraf dan peredaran darah : Gejala kelainan seperti itu tentu dirasakan anggota tubuh seperti tangan dan kaki, hal ini karena organ tubuh tersebut yang merasakan getaran saat bekerja dan keadaan organ tubuh akan mengalami kondisi seperti memucat kebiruan, anggota badan kedinginan.
  2. Kerusakan – kerusakan pada persendian tulang dan sendi : Bagi para pekerja yang kesehariannya menggunakan peralatan tersebut maka dapat mengalami gejala tersebut. Contoh keluhan yang sering dialami pekerja adalah nyeri sendi dan sakit pinggang, hal ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda dan harus segera diatasi.

Lantas bagaimana cara mencegah hal tersebut atau setidaknya meminimalisir hal tersebut? salah satu solusinya adalah dengan menggunakan alat yang disebut vibration meter.

Vibration meter merupakan alat pengukur getaran yang digunakan pada alat / mesin yang mempunyai getaran pada penggunaannya, dengan mengetahui seberapa besar getaran yang dihasilkan suatu alat maka akan didapatkan hasil yang dapat digunakan sebagai perbandingan dengan nilai ambang batas yang sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja.

Dengan pengukuran tersebut tentu kita dapat menentukan batas waktu lamanya penggunaan alat tersebut dan menentukan peralatan keselamatan yang akan digunakan.

Mengingat akan pentingnya hal tersebut maka penting pula rasanya untuk mempunyai alat ini sebagai salah satu alat bantu dalam standar keamanan. Anda sendiri bisa mendapatkan vibration meter terbaik hanya di CV. Java Multi Mandiri.

Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close