Kamis , 22 Februari 2024

Mengenal Dissolved Oxygen Meter – Alat Ukur Oksigen Terlarut

No ratings yet.

Mengenal Dissolved Oxygen Meter – Alat Ukur Oksigen Terlarut | Kualitas air merupakan aspek penting yang memengaruhi kelangsungan hidup organisme dan ekosistem di dalamnya. Salah satu parameter yang menjadi penentu utama kesehatan perairan adalah kadar oksigen terlarut. Untuk memahami dan mengukur secara akurat parameter ini, hadirlah alat yang tak kalah pentingnya, yaitu Dissolved Oxygen Meter. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang oksigen terlarut, faktor-faktor yang mempengaruhi kadarnya, serta peran krusial Dissolved Oxygen Meter dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan.

Mengenal Dissolved Oxygen Meter – Alat Ukur Oksigen Terlarut

Oksigen terlarut adalah jumlah oksigen yang terlarut dalam air, dan berperan penting dalam mendukung kehidupan akuatik. Proses ini terjadi melalui pertukaran gas di antara atmosfer dan air, di mana oksigen dari udara dapat larut dalam air melalui permukaan air atau melalui proses fotosintesis oleh tanaman air. Oksigen terlarut memberikan sumber daya penting bagi ikan, plankton, dan organisme air lainnya yang membutuhkan oksigen untuk bernapas.

Mengenal Dissolved Oxygen Meter - Alat Ukur Oksigen Terlarut

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kadar Oksigen Terlarut

Kadar oksigen terlarut dalam air dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Suhu : Kadar oksigen terlarut cenderung menurun dengan kenaikan suhu air.
  2. Tekanan : Tekanan yang tinggi dapat mengurangi kapasitas air untuk menampung oksigen.
  3. Konsentrasi Salinitas : Air laut biasanya memiliki kadar oksigen yang lebih rendah daripada air tawar.
  4. Aktivitas Biologis : Proses dekomposisi bahan organik oleh bakteri dapat mengonsumsi oksigen dalam jumlah besar.

Pengaruh Kadar Oksigen Terlarut pada Kualitas Air

Kadar oksigen terlarut yang rendah dapat memiliki dampak serius pada kualitas air. Organisme akuatik, terutama ikan, sangat bergantung pada oksigen terlarut untuk bernapas. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan stres pada ikan, bahkan dapat menyebabkan kematian massal jika tidak segera diatasi. Selain itu, rendahnya oksigen terlarut dapat memicu pertumbuhan alga berlebihan, menyebabkan eutrofikasi dan merusak ekosistem air.

Dissolved Oxygen Meter – Alat Ukur Oksigen Terlarut

Dissolved Oxygen Meter atau alat pengukur kadar oksigen terlarut adalah alat yang dirancang khusus untuk mengukur kadar oksigen terlarut dalam air. Fungsi utamanya adalah memberikan informasi yang akurat tentang kandungan oksigen dalam suatu lingkungan akuatik. Penggunaannya melibatkan pemasangan sensor di dalam air yang akan memberikan pembacaan langsung. Alat ini memainkan peran penting dalam pemantauan dan pengelolaan kualitas air, terutama di lingkungan akuatik seperti kolam, sungai, dan danau.

CV. Java Multi Mandiri – Solusi Terbaik untuk Dissolved Oxygen Meter

CV. Java Multi Mandiri memahami pentingnya pemantauan oksigen terlarut dalam menjaga keberlanjutan ekosistem perairan. Oleh karena itu, CV. Java Multi Mandiri menawarkan Dissolved Oxygen Meter terbaik dengan teknologi terkini dan akurasi tinggi. Dengan harga yang kompetitif, CV. Java Multi Mandiri menjadi mitra terpercaya untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan dan memastikan kualitas air yang optimal. Jangan ragu untuk memilih CV. Java Multi Mandiri sebagai penyedia Dissolved Oxygen Meter terbaik Anda.

Nilai Kualitas Konten / Produk



Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :




Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :




Check Also

Strategi Efektif Menggunakan Moisture Meter dalam Pengangkutan dan Penyimpanan Komoditas Pertanian

Strategi Efektif Menggunakan Moisture Meter dalam Pengangkutan dan Penyimpanan Komoditas Pertanian

Strategi Efektif Menggunakan Moisture Meter dalam Pengangkutan dan Penyimpanan Komoditas Pertanian – Dalam dunia distribusi …