Artikel

Mengukur Warna Tekstil

Mengukur Warna Tekstil – Warna merupakan faktor penting yang sangat diperhatikan dalam industri tekstil baik itu tekstil yang dibuat dari bahan alami atau sintesis yang biasanya diproduksi dalam jumlah besar. Oleh karena itu proses pencocokan warna kedalam kategori gelap / terang, warna dan kecerahan merupakan hal yang esensial namun menantang.

Mengukur Warna Tekstil

Faktor warna dan keadaan pencahayaan merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi penilaian warna, oleh karena itu banyak pabrik tekstil yang memanfaatkan instrumen atau alat pengukur warna (colorimeter) untuk memastikan konsistensi warna sepanjang proses produksi pabrik dari awal hingga akhir.

Produk yang dijual kepada konsumen tentunya harus memiliki kualitas yang sama dan konsisten termasuk dalam segi warnanya. Karenanya proses verifikasi warna dari pewarna dan serat menolong untuk meminimalisir variasi warna dan meningkatkan hasil produksi. Pewarna yang digunakan dalam industri tekstil sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu pewarna alami dan buatan. Kemudian dengan menggunakan alat colorimeter dapat membantu menghindari biaya yang tidak perlu dan pemborosan dalam segi pewarnaan.

Kombinasi dari satu atau lebih serat dapat merubah appearance warna pada jenis tekstil campuran karena pewarna mampu menyerap dari beberapa serat. Dengan melakukan proses monitoring secara kontinyu maka warna produk yang dihasilkan akan terjaga keakuratannya dan konsistensinya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi teknik pengukuran untuk mengukur warna tekstil :

  • Pengukuran warna pada serat benang : Pastikan benang tersebut dalam bentuk gulungan ulir atau ukuran cukup besar untuk menutup port pengukuran instrumen
  • Pengukuran warna tekstil : Disarankan untuk melipat produk dalam 2 – 4 lipatan, hal ini guna menghasilkan sampel yang tidak tembus cahaya dan mencegah cahaya menembus pada saat pengukuran
  • Pastikan Anda menggunakan area yang luas, sebagai contoh Φ30 mm untuk pengulangan yang lebih baik
  • Jangan hanya melakukan pengukuran pada satu titik saja, namun lakukan pengukuran pada beberapa titik untuk mendapatkan hasil warna yang representative

Tentu Anda ingin mendapatkan hasil produk yang seragam, sedangkan unsur warna adalah hal pertama yang akan terlihat oleh konsumen. Karenanya pengukuran warna tekstil merupakan hal yang penting. Bila warna produk tekstil kita tidak seragam maka hal ini dapat dianggap sebagai cacat produk / produk cacat.

Oleh karena itu Anda perlu menggunakan alat ukur warna / colorimeter terbaik yang dapat menghasilkan pengukuran yang tepat dan akurat. Alat ukur wana tersebut bisa Anda dapatkan di CV. Java Multi Mandiri yang merupakan distributor alat ukur dan uji terbaik yang ada di Indonesia.

Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close