Artikel

Syarat Air Kolam Renang

No ratings yet.

Syarat Air Kolam Renang – Kolam renang merupakan sarana yang banyak digunakan untuk berolahraga, wisata, hiburan, bahkan kolam renang juga mempunyai nilai bisnis yang cukup menjanjikan. Pada awalnya kolam renang hanya dibuat di tempat seperti hotel, obyek wisata, namun pada perkembangannya kini kolam renang juga banyak dibangun di rumah bahkan dengan fasilitas yang lengkap.

Syarat Air Kolam Renang

Akan tetapi tidak semua orang paham dengan kolam renang yang aman digunakan untuk berenang, yang terpenting seringkali kolam renang terlihat bersih dan jernih maka itu sudah cukup. Pemahaman seperti itu sebenarnya merupakan pemahaman yang masih terlalu dangkal karena selain bersih dan jernih, kolam renang juga harus mempunyai kualitas yang baik agar tidak menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Yang dimaksud dengan air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakan untuk olahraga renang dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan, hal ini merupakan penjelasan Menurut Permenkes Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990. Dari pengertian tersebut tentu sudah jelas bagi kita bahwa kolam renang harus mempunyai air yang berkualitas baik agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, namun hal ini sering dikesampingkan oleh pemilik dan pengelola kolam renang.

Kita mendatangi kolam renang dengan tujuan untuk berolahraga, bermain, bersantai, atau sekedar menikmati keindahan dan fasilitas lain yang ditawarkan oleh kolam renang tersebut. Sebenarnya, tanpa kita sadari kolam renang yang tidak memenuhi standar akan menimbulkan penyakit terhadap pemakainya. Penyakit yang umumnya terjadi adalah iritasi pada mata dan timbulnya penyakit kulit.

Mengenai kolam renang bahkan pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai persyaratan air kolam renang sebagaimana persyaratan air bersih. Peraturan tersebut menyebutkan parameter – parameter yang harus dipenuhi yang meliputi parameter fisika, parameter kimiawi dan mikrobiologik. Parameter fisika meliputi bau, ada tidaknya benda terapung, dan kejernihan. Parameter kimiawi ini sebagai contohnya adalah kadar aluminium, CaSO3, oksigen, pH, sisa klor, dan tembaga, sedangkan parameter biologik meliputi kolioform total dan jumlah kuman.

Parameter penting yang harus diperhatikan dalam air kolam renang ini adalah seperti pH air, kadar CO2 agresif, kesadahan, zat organik, dan kadar H2S karena setiap parameter mempunyai fungsinya tersendiri yang saling berkorelasi dalam menjaga kualitas air kolam. Hal ini tentu akan sangat diperhatikan terlebih lagi pada kolam renang umum yang digunakan banyak orang. Namun Anda dapat menguji kualitas air kolam renang menggunakan sebuah alat yaitu water test kit (EC 910) yang dapat menguji semua parameter kualitas air kolam tersebut.

Tentu dengan air kolam yang sehat akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam kegiatan berenang. Selain itu berenang di kolam renang juga akan menjadi kegiatan yang aman bila kualitas airnya baik dan tentunya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Nilai Kualitas Konten / Produk

Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close