Artikel

Apa Itu Refractometer dan siapa penemunya ?

Apa Itu Refractometer dan siapa penemunya ?

Apa Itu Refractometer, Refraktometer mengukur indeks bias cairan, gas, dan Benda Padat tembus cahaya seperti batu permata. Pengukuran berapa Pengurangan kecepatan cahaya saat bepergian melalui gas, padat, atau larutan disebut sebagai indeks bias. Bila perangkat alat Uji digunakan untuk menguji cairan, biasanya mengukur kadar garam, konsentrasi cairan, berat jenis, dan protein darah. Lensa dan prisma di dalam refraktometer menciptakan garis bayangan di dalamnya yang kemudian dapat dilihat melalui potongan mata pembesar untuk diperhatikan pengukurannya.

Siapa yang Menemukan Refraktometer?
Erst Abbe menemukan refraktometer pertama di tahun 1800an. Refraktometer diciptakan khusus untuk Carl Zeiss, Inc. Perangkat ini mencakup termometer built-in dengan air yang bersirkulasi yang mengendalikan suhu cairan dan instrumen. Carl Zeiss menggunakan sketsa visual untuk menjual refraktometer pertama pada tahun 1893.

Apa itu Refractometer
Apa Itu Refractometer

Jenis Refraktometer
Saat ini ada empat jenis refraktometer. Ini termasuk digital, analog, Abbe / lab, dan refraktometer proses inline. Refraktometer analog dan digital biasanya dipegang tangan dan bekerja sama, hanya metode tampilan pengukurannya yang berbeda. Abbe refractometer tidak dipegang tangan, terutama digunakan untuk Benda Padat, dan menggunakan filter khusus. Proses refraktometer inline mencatat aliran cairan melalui pipa atau tangki dan menggunakan sensor di dalam wadah untuk mengukur dan membandingkan solusinya dengan sampel kontrol.

Penggunaan Refraktometer
Refraktometer biasanya digunakan dalam pembuatan anggur untuk mengukur kadar gula anggur atau buah dan menilai kematangannya. Perusahaan gula utama juga menggunakannya untuk mengetahui berapa persentase larutan gula dalam sirup, getah konsentrat, dan saps lainnya. Dokter hewan juga menggunakannya untuk mengetahui konsentrasi protein dalam sampel darah hewan dan untuk mengetahui salinitas akuarium air garam. Perangkat telah menjadi sangat umum selama beberapa dekade terakhir. Namun, setiap refraktometer masih membutuhkan kalibrasi agar bisa memberikan pembacaan yang akurat.

Jika Anda membutuhkan Refractometer untuk segala kebutuhan, kami juga menyediakan semua jenis & Seri Alat Pengujian secara lengkap dan harga terjangkau

Hubungi Kami melalui Customer Care di Telp/HP : 0812-5931-6600 ( Only ) ,

WA/SMS : 0812-8303-2200 ( Only ),Email : kun.hartoto@uji.co.id

Show More

Untuk informasi lengkap dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi kami melalui form dibawah ini :



Atau bagi Anda yang ingin menggunakan whatsapp silahkan melalui :



Related Articles

comments powered by Disqus
Close